Pertanian dan Bioteknologi   Leave a comment

Pertanian saat ini mau tidak mau akan terhempas oleh efek bioteknologi. Entah bagaimana anda dapat menyikapinya, tetapi memang seperti itulah adanya. Sebagian menganggap bahwa bioteknologi dalam pertanian sebagai hal yang baik dan bermanfaat, tetapi ada pula yang menganggapnya (notabene) sebagai hal yang buruk. Kerap hasil bioteknologi menjadi isu kontroversial, baik-buruk, sehat-penyakit, suka-tidak suka. Terlepas dari semua itu, sebelum kita semua dapat mengambil sikap, lihatlah kembali segala sesuatu mengenai isu bioteknologi itu sendiri dengan seksama. Carilah informasi, dan tentukan bagaimana anda akan bersikap.

Bioteknologi dapat dipahami sebagai suatu bidang yang berkecimpung dalam penggunaan suatu organisme atau makhluk hidup untuk merekayasa dan memodifikasinya sehingga dapat tercipta suatu konsep aplikasi dan manfaat yang baru pada bidang yang mampu memanfaatkannya. Tak perlu anda cari jauh-jauh, bahkan saat ini, disekitar kita pun telah banyak konsep bioteknologi yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kita ambil contoh pada tanaman hias yang mungkin sering anda lihat di rumah anda, tetangga, atau bahkan kantor anda. Bisa jadi tanaman tersebut merupakan hasil rekayasa sehingga mampu terlihat begitu unik, atau bahkan memiliki fungsi fisiologi yang berbeda dengan tanaman sejenisnya. Tidak hanya tumbuhan, bahkan hewan pun telah banyak direkayasa dan dimodifikasi oleh manusia.

Pada hari ini, sebagian besar penduduk dunia masih mampu menikmati ketersediaan makanan sehari-hari. Meskipun demikian, masih banyak terdapat kasus malnutrisi dan kelaparan dibeberapa daerah, baik Indonesia, bahkan mancanegara sekalipun. Kondisi ini mendesak kita agar dapat meningkatkan ketersediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan dunia. Tanpa adanya upaya yang cukup baik dalam melakukannya, negara kita pun terancam akan kelaparan dalam beberapa jangka waktu kedepan. Bioteknologi pada bidang pertanian mampu memberi sebagian solusi dari masalah yang ada. Teknologi yang ditawarkan diharapkan mampu meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan dunia melalui perbaikannya terrhadap komoditas pangan dan sandangnya yang vital bagi kehidupan kita. Tapi, akankah kita menerima tawarannya? segala sesuatunya kembali kepada anda.

Posted June 21, 2010 by agriculturalnotes in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: